BAB 2
E-COMMERCE
perdagangan
elektronik atau e-dagang (bahasa Inggris: Electronic commerce, juga e-commerce)
adalah penyebaran, pembelian, penjualan, pemasaran barang dan jasa melalui
sistem elektronik seperti internet atau televisi, www, atau jaringan komputer
lainnya. E-dagang dapat melibatkan transfer dana elektronik, pertukaran data
elektronik, sistem manajemen inventori otomatis, dan sistem pengumpulan data
otomatis.
Industri
teknologi informasi melihat kegiatan e-dagang ini sebagai aplikasi dan penerapan
dari e-bisnis (e-business) yang berkaitan dengan transaksi komersial, seperti:
transfer dana secara elektronik, SCM (supply chain management), e-pemasaran
(e-marketing), atau pemasaran online (online marketing), pemrosesan transaksi
online (online transaction processing), pertukaran data elektronik (electronic
data interchange /EDI), dll.
E-dagang atau
e-commerce merupakan bagian dari e-business, di mana cakupan e-business lebih
luas, tidak hanya sekedar perniagaan tetapi mencakup juga pengkolaborasian
mitra bisnis, pelayanan nasabah, lowongan pekerjaan dll. Selain teknologi
jaringan www, e-dagang juga memerlukan teknologi basisdata atau pangkalan data
(databases), e-surat atau surat elektronik (e-mail), dan bentuk teknologi non
komputer yang lain seperti halnya sistem pengiriman barang, dan alat pembayaran
untuk e-dagang ini.
E-dagang pertama
kali diperkenalkan pada tahun 1994 pada saat pertama kali banner-elektronik
dipakai untuk tujuan promosi dan periklanan di suatu halaman-web (website). Menurut
Riset Forrester, perdagangan elektronik menghasilkan penjualan seharga AS$12,2
milyar pada 2003. Menurut laporan yang lain pada bulan oktober 2006 yang lalu,
pendapatan ritel online yang bersifat non-travel di Amerika Serikat diramalkan
akan mencapai seperempat trilyun dolar US pada tahun 2011.
2.1 PERDAGANGAN MELALUI JARINGAN ELEKTRONIK
Manfaat
perdaganan melalui jaraingan Elektronik :
1.pelayanan
pelanggan yang lebih baik.
2.hubungan
dengan pemasok dan masyaratak keuangan yang lebih baik
3.pengembalian
atas investasi pemegang saham, dan pemilik yang meningkat
Kendala
perdaganan melalui jaringan elektronik :
Biaya tinggi,
maksudnya untuk melakukan atau membuka perdaganan secara online itu sangan
membutuhkan biaya yang tidak sedikit, karena itu biasanya bisnis ini di lakukan
oleh orang menengah ke atas , tetapi ada juka yg menekuni bisnis ini dari
kalahgan menengah ke bawah
Masalah
keamanan, yaitu dalam e-commerce masalah keamananya masih banyang yg di
ragukan, banyak juga yang pihak-pihak nakal yang mengsalah gunakan system
seperti ini , dengan menipu si korban untuk melakaukan apa saja, maka dari itu
ini merukapan kendala yang besar
Perangakat lunak
yang belum mapan atau tidak tersedia , maksdnya masih banyak aplikasi-aplikasi
yang kurang mendukung untuk manjalankan pada e-commerce, dan banyak aplikasi
yang masih teratas yang di keluarkan oleh vendor, sehingga dapat di katanan
sebagai kendala e-commerce
Jalan menuju
perdaganan melalui jaringan elektronik :
Mengumpulkan
intelijen bisnis
Membentuk suatu
sistem antar-organisasi (IOS)
Strategi
Perdaganan Melalui Jejaring Elektronik
Strategi perdagangan melalui jaringan
elektronik dapat dilakukan dengan :
Sistem antar organisasai (IOS) adalah
suatu kombinasi perusahaan-peusahaan yang terkait sehingga mereka berfungsi
sebagai sistem tunggal.
Perusahaan-perusahaan yang membentuk IOS
disebut mitra dagang atau mitra bisnis.
Pertukaran data elektronik (Electronik data interchange –
EDI) adalah transmisi data dalam bentuk yang terstruktur dan dapat dibaca mesin
secara langsung dari komputer ke komputer di antara beberapa perusahaan. Hubungan EDI yang umum membentuk kaitan antara perusahaan
dan pemasoknya serta pelanggan. Dalam EDI memungkinkan terjadinya transfer
dana secara eleltronik (electronik funds transfer) sehingga memudahkan dalam
proses transaksi.
Sistem antar
organisasi
Manfaat IOS
Ada beberapa
manfaat IOS yaitu :
Efisiensi
komparatif : internal dan antar organisasi
Kekuatan
tawar menawawar : kekuatan suatu perusahaan untuk menyelesaikan perselisihan
dng pemasok dan pelanggannya yang menguntungkan dirinya.
Kekuatan ini berasal dari 3 hal :
Keistimewaan
produk yang unik
Penurunan biaya yang berhubungan dengan
pencarian
Peningkatan
biaya peralihan.
Pertukaran
Data Elektronik (EDI)
HUbungan
EDI yang umum :
Hubungan
EDI yang umum membentuk kaitan antara perusahaan dan pemasoknya serta
pelanggan. Dalam EDI memungkinkan terjadinya transfer dana secara
eleltronik (electronik funds transfer) sehingga memudahkan dalam proses
transaksi
Standar
EDI :
Kunci dari
aplikasi EDI terletak pada kodifikasi dan strukturisasi data menjadi sebuah
format yang umum dan disetujui. Proses kodifikasi dan strukturisasi
dokumen-dokumen untuk transaksi bisnis tidaklah sederhana. Standar EDI
dikembangkan di berbagai sektor industri, dalam berbagai negara, dan prosesnya
dipengaruhi oleh struktur-struktur komite dan prosedur yang rumit. Berikut
adalah beberapa contoh standar EDI: EDIFACT (dirancang oleh PBB), BACS
(digunakkan dalam Britania Raya), ODETTE (digunakkan dalam industri otomotif
Eropa), ANSI X12 (digunakkan dalam berbagai sektor bisnis di Amerika Utara).
Tingkat
Penerapan EDI
Tiga tingkat penggunaan EDI :
Pemakai tingkat satu : hanya satu atau dua
set transaksi yang ditransmisikan ke sejumlah mitra dagang yang terbatas.
Pemakai tingkat dua : banyak set transaksi
yang ditransmisikan ke sejumlah mitra dagang.
Pemakai tingkat tiga : aplikasi komputer
disesuaikan dengan standart EDI.
Manfaat EDI
Mengurangi
kesalahan
Mengurangi
biaya
Meningkatkan
efisiensi opersional
Meningkatkan
kemampuan bersaing
Meningkatkan
hubungan dengan mitra dagang
Meningkatkan
pelayanan pelanggan.
Teknologi
Perdaganan Melalui Jaringan Elektronik
Perdagangan melalui jaringan elektronik sebagai penggunaan
komputer untuk memudahkan semua operasi perusahaan. Banyak operasi itu
bersifat internal,dilakukan dalam perusahaan oleh bidang fungsional keuangan,
manufaktur, pemasaran, SDM dan jasa informasi.Beberapa operasi lain mencakup
hubungan perusahaan dengan kedelapan elemen lingkungan(Pemasok, Pelanggan,
Serikat Pekerja, Masyarakat/Lembaga Keuangan, Pesaing, Pemegang saham atau
Pemilik, Pemerintah, dan Masyarakat global). Teknologi yang dipakai yaitu
teknologi yang memakai jasa internet, perusahaan yang memakai jasa internet,
untuk melakukan perdagangan yang khususnya dalam bidang elektronik.
Kesimpulan
Sudah menjadi
trend sekarang jual-beli / transaksi melalui internet / online orang
beranggapan itu menjadi lebih mudah dan gampang. Tidak sedikit orang yang
menggelutin E-commerce ini , tetapi di lihat dari kekuranganya kita harus lebih
berhati-hati lagi dan jeli
sumber : http://id.wikipedia.org/wiki/Perdagangan_elektronik , http://chochokye.wordpress.com/2009/12/29/1-perdagangan-melalui-jaringan-elektronik-e-commerce/ , http://mohamadkemaludin.wordpress.com/2011/10/01/tugas-softskill-bab-2-perdagangan-melalui-jaringan-elektronik-e-commerce/, http://sondis.blogspot.com/2013/04/strategi-perdagangan-melalui-jaringan.html , http://arlanwidiantara.blogspot.com/2011/09/teknologi-perdagangan-melalui-jaringan.html
0 comments: