SISTEM
Pengertian dan definisi sistem adalah suatu
kesatuan yang terdiri atas komponen atau elemen yang saling berinteraksi,
saling terkait, atau saling bergantung membentuk keseluruhan yang kompleks.
sebuah sistem adalah sekumpulan objek/benda yang memiliki hubungan diantara
mereka.
Sistem
adalah sekelompok komponen yang saling berhubungan, bekerja sama untuk mencapai
tujuan bersama dengan menerima input serta menghasilkan output dalam proses
transformasi yang teratur, sistem
semacam ini sering juga disebut dengan istilah sistem dinamis.
Sebuah sistem adalah sekelompok dua atau lebih
komponen-komponen yang saling berkaitan (interrelated) atau subsistem-subsistem
yang bersatu untuk mencapai tujuan yang sama (commom purpose) (James A. Hall,
2001: 5).Menurut Mulyadi (1999) didefinisikan sebagai kelompok unsur yang erat
berhubungan satu sama lainnya, yang berfungsi bersama-sama untuk mencapai
tujuan tertentu.Sedangkan Walkinson (1999) menguraikan sistem dengan sebuah kerangka
(framework) yang terintegrasi satu atau beberapa tujuan. Sistem akan
mengkoordinasikan sumber daya yang diperlukan untuk mengolah memasukkan menjadi
keluaran atau hasil.
Berdasarkan pengertian di atas, dapat disimpulkan bahwa
suatu sistem terdiri atas beberapa unsur yang disebut subsistem, yang saling
berhubungan dengan yang lain agar suatu sistem dapat berjalan dengan efektif
dan efisien.Hubungan antara subsistem ini berupa komunikasi informasi yang
relevan sehingga secara bersama-sama dapat mencapai tujuan sistem. Tujuan
sistem secara keseluruhan dapat tercapai apabila setiap subsistem dapat
mencapai tujuan operasionalnya masing-masing.Informasi adalah data yang
diproses lebih jauh sehingga mempunyai arti bagi si penerima dan mempunyai
“nilai pengaruh” atas tindakan-tindakan, keputusan-keputusan sekarang atau masa
yang akan datang (Davis dan Olson,1985).John Burch dan Gary Grudnitsky (1986)
mendefinisikan informasi sebagai berikut: informasi adalah data yang telah
diletakkan dalam konteks yang lebih berarti dan berguna yang dikomunikasikan
kepada penerima untuk digunakan didalam pembuatan keputusan.Menurut George H.
Bodnar (1980): informasi adalah data yang berguna.
Barry E. Cushing (1974): informasi menunjukkan hasil dari pengolahan data yang diorganisasikan dan berguna kepada orang yang menerimanya.
ISTEM PAKAR (ES)
Sistem pakar
(Expert System) adalah sebuah sistem informasi yang memiliki intelegensia
buatan (Artificial Intelegent) yang menyerupai intelegensia manusia. Sistem
pakar mirip dengan DSS yaitu bertujuan menyediakan dukungan pemecahan masalah
tingkat tinggi untuk pemakai. Perbedaan ES dan DSS adalah kemampuan ES untuk
menjelaskan alur penalarannya dalam mencapai suatu pemecahan tertentu. Sangat
sering terjadi penjelasan cara pemecahan masalah ternyata lebih berharga dari
pemecahannya itu sendiri.
Karakteristik Sistem Pakar
• Memiliki kemampuan belajar atau memahami masalah dari pengalaman.
• Memberikan tanggapan yang cepat dan
memuaskan terhadap situasi baru.
• Mampu menangani masalah yang kompleks (semi terstruktur).
• Memecahkan masalah dengan penalaran.
• Menggunakan pengetahuan untuk menyelasaikan masalah.
Bagian Sistem
Pakar
User Interface,
adalah bagian yang memungkinkan manajer mamasukan instruksi dan informasi
kedalam dan menerima informasi dari sistem pakar.
1. Input terdapat empat metode yaitu
• Menu
• Commands
• Natural Languange
• Customized Interfaces
2. Output Sistem Pakar , antara lain:
• Penjelasan dari pertanyaan
• Penjelasan dari penyelesaian masalah
3. Knowledge Base,
adalah bagian yang memuat fakta-fakta yang menjelaskan area masalah, dan juga
teknik menerangkan masalah yang menjelaskan bagaimana fakta-fakta tersebut
cocok satu dengan yang lain dalam urutan yang logis. Istilah problem domain
digunakan untuk menjelaskan area masalah.
4.
Interference Engine, adalah bagian dari sistem pakar yang melakukan penalaran
dengan menggunakan isi knowledge base berdasarkan urutan tertentu. Selama
konsultasi, interference engine menguji aturan-aturan satu persatu dan ketika
kondisi benar naka satu tindakan diambil.
5. Development
Engine, adalah alat yang digunakan untuk menciptakan sistem pakar, dalam hal
ini dua alat yang biasa digunakan adalah bahasa pemrograman dan ES shell.
Contoh Sistem Pakar :
Contoh Sistem Pakar :
• XSEL, Sistem pakar yang bertindak
sebagai asisten penjual di agen penjualan
komputer DEC, yang membantu pelanggan
memilih komputer yang sesuai dengan kebutuhannya.
• M YCIN, Sistem pakar yang dikembangkan di
Stanford University tahun 19870-an dengan tujuan membantu petugas medis dalam
mendiagnosa penyakit yang disebabkan bakteri.
• PROSPECTOR, Sistem yang
diciptakan Richard Duda, Peter Hard, dan Rene Reboh tahun 1978 yang menyediakan
kemampuan seorang ahli geologi.
Contoh sistem yang ada dilingkungan kita yaitu :
- Organ tubuh manusia yang membentuk beragam sistem. Sistem pernafasan, sistem pencernaan, sistem eksresi, sistem saraf, sistem kerangka
- Komponen elektronik komputer yang membentuk sistem komunikasi, sistem perangkat lunak, sistem perangkat keras, sistem jaringan
- Rakyat Indonesia yang membentuk beragam sistem di Negara kita. Sistem pemerintahan, sistem keamanan, sistem hukum, sistem kebudayaan
0 comments: