DASAR - DASAR
PEMROSESAN KOMPUTER
Bab 5
Pendahuluan
Pemrosesan komputer
merupakan dasar – dasar atau langkah bagaimana sebuah komputer bekerja dan apa
saja yang di perlukan sebuah komputer untuk dapat beroperasi sesuai dengan
perintah user.
Komponen dalam komputer
satu sama lain saling mendukung dan bila salah satunya tidak bekerja dengan
baik akan mengganggu dan membuat komputer tidak akan bekerja sebagaimana
mestinya. Seperti pada proses jika tidak ada inputan maka tidak ada proses
karena komputer tidak mengetahui apa yang harus di kerjakan jika tidak ada
inputan, sedangkan output tidak bisa di hasilkan jika proses atau CPU tidak
berjalan normal meski ada inputan, dan lagi suatu aplikasi tidak bisa berjalan
tanpa adanya OS (Operating System) yang menjadi pendukung dan Os pun juga tidak
bisa berjalan tanpa adanya CPU.
Pembahasan
5.1 Arsitektur Komputer
Dalam bidang teknik
komputer, arsitektur komputer adalah konsep perencanaan dan struktur
pengoperasian dasar dari suatu sistem komputer. Arsitektur komputer ini
merupakan rencana cetak-biru dan deskripsi fungsional dari kebutuhan bagian
perangkat keras yang didesain (kecepatan proses dan sistem interkoneksinya).
Dalam hal ini, implementasi perencanaan dari masing–masing bagian akan lebih
difokuskan terutama, mengenai bagaimana CPU akan bekerja, dan mengenai cara
pengaksesan data dan alamat dari dan ke memori cache, RAM, ROM, cakram keras,
dll). Beberapa contoh dari arsitektur komputer ini adalah arsitektur von
Neumann, CISC, RISC, blue Gene, dll.
Arsitektur komputer juga
dapat didefinisikan dan dikategorikan sebagai ilmu dan sekaligus seni mengenai
cara interkoneksi komponen-komponen perangkat keras untuk dapat menciptakan
sebuah komputer yang memenuhi kebutuhan fungsional, kinerja, dan target
biayanya.
Arsitektur komputer ini
paling tidak mengandung 3 sub-kategori:
Set instruksi (ISA)
Arsitektur mikro dari ISA, dan
Sistem desain dari seluruh komponen dalam
perangkat keras komputer ini.
-Peralatan input
INPUT
Beberapa alat input
mempunyai fungsi ganda, yaitu disamping sebagai alat input juga berfungsi
sebagai alat output sekaligus. Alat yang demikian disebut sebagai terminal.
Terminal dapat
dihubungkan ke sistem komputer dengan menggunakan kabel langsung atau lewat
alat komunikasi. Terminal dapat
digolongkan menjadi non intelligent terminal, smart terminal, dan intelligent
terminal. Non intelligent terminal hanya berfungsi sebagai alat memasukkan
input dan penampil output, dan tidak bisa diprogram karena tidak mempunyai alat
pemroses. Peralatan seperti ini juga disebut sebagai dumb terminal. Smart
terminal mempunyai alat pemroses dan memori di dalamnya sehingga input yang
terlanjur dimasukkan dapat dikoreksi kembali.
Walaupun demikian,
terminal jenis ini tidak dapat diprogram oleh pemakai, kecuali oleh pabrik
pembuatnya. Sedangkan intelligent terminal dapat diprogram oleh pemakai.
Peralatan yang hanya berfungsi sebagai alat input dapat digolongkan menjadi
alat input langsung dan tidak langsung.
Alat input langsung yaitu
input yang dimasukkan langsung diproses oleh alat pemroses, sedangkan alat
input tidak langsung melalui media tertentu sebelum suatu input diproses oleh
alat pemroses. Alat input langsung dapat berupa papan ketik (keyboard),
pointing device (misalnya mouse, touch screen, light pen, digitizer graphics
tablet), scanner (misalnya magnetic ink character recognition, optical data
reader atau optical character recognition reader), sensor (misalnya digitizing
camera), voice recognizer (misalnya microphone). Sedangkan alat input tidak
langsung misalnya keypunch yang dilakukan melalui media punched card (kartu
plong), key-to-tape yang merekam data ke media berbentuk pita (tape) sebelum
diproses oleh alat pemroses, dan key-to-disk yang merekam data ke media
magnetic disk (misalnya disket atau harddisk) sebelum diproses lebih lanjut.
Keyboard
Penciptaan keyboard
komputer di ilhami oleh penciptaan mesin ketik yang dasar rancangannya di buat
dan di patenkan oleh Christopher Latham pada tahun 1868 dan banyak dipasarkan
pada tahun 1877 oleh Perusahaan Remington.
Keyboard komputer pertama
disesuaikan dari kartu pelubang (punch card) dan teknologi pengiriman tulisan
jarak jauh (Teletype). Tahun 1946 komputer ENIAC menggunakan pembaca kartu
pembuat lubang (punched card reader) sebagai alat input dan output.
Bila mendengar kata
“keyboard” maka pikiran kita tidak lepas dari adanya sebuah komputer, karena
keyboard merupakan sebuah papan yang terdiri dari tombol-tombol untuk
mengetikkan kalimat dan simbol-simbol khusus lainnya pada komputer. Keyboard
dalam bahasa Indonesia artinya papan tombol jari atau papan tuts.
Pada keyboard terdapat
tombol-tombol huruf (alphabet) A – Z, a – z, angka (numeric) 0 – 9, tombol dan
karakter khusus seperti : ‘ ~ @ # $ % ^ & * ( ) _ – + = < > / , . ? :
; ” ‘ \ |, tombol fungsi (F1 – F12), serta tombol-tombol khusus lainnya yang
jumlah seluruhnya adalah 104 tuts. Sedangkan pada Mesin ketik jumlah tutsnya
adalah 52 tuts. Bentuk keyboard umumnya persegi panjang, tetapi saat ini model
keyboard sangat variatif.
Dahulu orang banyak yang
menggunakan mesin ketik baik yang biasa maupun mesin ketik listrik. Keyboard
mempunyai kesamaan bentuk dan fungsi dengan mesin ketik. Perbedaannya terletak
pada hasil output atau tampilannya. Bila kita menggunakan mesin ketik, kita
tidak dapat menghapus atau membatalkan apa-apa saja yang sudah ketikkan dan
setiap satu huruf atau simbol kita ketikkan maka hasilnya langsung kita lihat
pada kertas. Tidak demikian dengan keyboard. Apa yang kita ketikkan hasil atau
keluarannya dapat kita lihat di layar monitor terlebih dahulu, kemudian kita
dapat memodifikasi atau melakukan perubahan-perubahan bentuk tulisan, kesalahan
ketikan dan yang lainnya. Keyboard dihubungkan ke komputer dengan sebuah kabel
yang terdapat pada keyboard. Ujung kabel tersebut dimasukkan ke dalam port yang
terdapat pada CPU komputer.
Mouse
Pada dasarnya, penunjuk
(pointer) yang dikenal dengan sebutan “Mouse” dapat digerakkan kemana saja
berdasarkan arah gerakan bola kecil yang terdapat dalam mouse. Jika kita
membuka dan mengeluarkan bola kecil yang terdapat di belakang mouse, maka akan
terlihat 2 pengendali gerak di dalamnya. Kedua pengendali gerak tersebut dapat
bergerak bebas dan mengendalikan pergerakan penunjuk, yang satu searah
horisontal (mendatar) dan satu lagi vertikal (atas dan bawah).
Jika kita hanya
menggerakkan pengendali horisontal maka penunjuk hanya akan bergerak secara
horisontal saja pada layar monitor komputer. Dan sebaliknya jika penunjuk
vertikal yang digerakkan, maka penunjuk (pointer) hanya bergerak secara
vertikal saja dilayar monitor. Jika keduanya kita gerakkan maka gerakan
penunjuk (pointer) akan menjadi diagonal. Jika bola kecil dimasukkan kembali,
maka bola itu akan menyentuh dan menggerakkan kedua pengendali gerak tersebut
sesuai dengan arah mouse yang kita gerakkan.
Pada sebagian besar mouse
terdapat tiga tombol, tetapi umumnya hanya dua tombol yang berfungsi, yaitu
tombol paling kiri dan yang paling kanan. Pengaruh dari penekanan tombol atau
yang di kenal dengan istilah “Click” ini tergantung pada obyek (daerah) yang
kita tunjuk. Komputer akan mengabaikan penekanan tombol (click) bila tidak
mengenai area atau obyek yang tidak penting.
Kemudian dalam penggunaan
mouse juga kita kenal istilah “Drag” yang artinya menggeser atau menarik.
Apabila kita menekan tombol paling kiri tanpa melepaskannya dan sambil
menggesernya, salah satu akibatnya obyek tersebut berpindah atau menjadi pindah
(tersalin) ke obyek lain dan terdapat kemungkinan lainnya.
Kemungkinan-kemungkinan ini tergantung pada jenis program aplikasi apa yang
kita jalankan. Mouse terhubung dengan komputer dengan sebuah kabel yang
terdapat pada mouse. Ujung kabel tersebut dimasukkan dalam port yang terdapat
di CPU komputer.
Scanner
Scanner adalah suatu alat
elektronik yang fungsinya mirip dengan mesin fotokopi. Mesin fotocopy hasilnya
dapat langsung kamu lihat pada kertas sedangkan scanner hasilnya ditampilkan
pada layar monitor komputer dahulu kemudian baru dapat dirubah dan dimodifikasi
sehingga tampilan dan hasilnya menjadi bagus yang kemudian dapat disimpan
sebagai file text, dokumen dan gambar.
Bentuk dan ukuran scanner
bermacam-macam, ada yang besarnya seukuran dengan kertas folio ada juga yang
seukuran postcard, bahkan yang terbaru, berbentuk pena yang baru diluncurkan
oleh perusahaan WizCom Technologies Inc. Scanner berukuran pena tersebut bisa
menyimpan hingga 1.000 halaman teks cetak dan kemudian mentransfernya ke sebuah
komputer pribadi (PC).
Scanner berukuran pena
tersebut dinamakan Quicklink. Pena scanner itu berukuran panjang enam inci dan
beratnya sekitar tiga ons. Scanner tersebut menurut WizCom dapat melakukan
pekerjaannya secara acak lebih cepat dari scanner yang berbentuk datar. Data
yang telah diambil dengan scanner itu, bisa dimasukkan secara langsung ke semua
aplikasi komputer yang mengenali teks ASCII. Perbedaan tiap scanner dari
berbagai merk terletak pada pemakaian teknologi dan resolusinya. Pemakaian
teknologi misalnya penggunaan tombol-tombol digital dan teknik pencahayaan.
Cara kerja Scanner :
Ketika kamu menekan
tombol mouse untuk memulai Scanning, yang terjadi adalah :
1. Penekanan tombol mouse dari komputer
menggerakkan pengendali kecepatan pada mesin scanner. Mesin yang terletak dalam
scanner tersebut mengendalikan proses pengiriman ke unit scanning.
2. Kemudian unit scanning menempatkan proses
pengiiman ke tempat atau jalur yang sesuai untuk langsung memulai scanning.
3. Nyala lampu yang terlihat pada Scanner
menandakan bahwa kegiatan scanning sudah mulai dilakukan.
4. Setelah nyala lampu sudah tidak ada,
berarti proses scan sudah selesai dan hasilnya dapat dilihat pada layar
monitor.
5. Apabila hasil atau tampilan teks / gambar
ingin dirubah, kita dapat merubahnya dengan menggunakan software-software
aplikasi yang ada. Misalnya dengan photoshop, Adobe dan lain- lain. pot scanned.
Ada dua macam perbedaan
scanner dalam memeriksa gambar yang berwarna yaitu :
1. Scanner yang hanya bisa satu kali
meng-scan warna dan menyimpan semua warna pada saat itu saja.
2. Scanner yang langsung bisa tiga kali
digunakan untuk menyimpan beberapa warna. Warna-warna tersebut adalah merah,
hijau dan biru.
Scaner yang disebut
pertama lebih cepat dibandingkan dengan yang kedua, tetapi menjadi kurang bagus
jika digunakan untuk reproduksi warna. Kebanyakan scanner dijalankan pada 1-bit
(binary digit / angka biner), 8-bit (256 warna), dan 24 bit (lebih dari 16 juta
warna). Nah, bila kita membutuhkan hasil yang sangat baik maka dianjurtkan
menggunakan scanner dengan bit yang besar agar resolusi warna lebih banyak dan
bagus.
Kamera
Digital
Salah satu input device
yang sedang marak belakangan ini adalah digital camera. Dengan adanya alat ini,
kita dapat lebih mudah memasukan data berupa gambar apa saja, dengan ukuran
yang relatif cukup besar, ke dalam komputer kita. Digital camera yang beredar
di pasaran saat ini ada berbagai macam jenis, mulai dari jenis camera untuk
mengambil gambar statis, sampai dengan camera yang dapat merekam gambar dinamis
seperti video.
MIC(Microphone)
Kalau camera digunakan
untuk memasukkan input berupa gambar (dan suara), maka mic digunakan hanya
untuk memasukkan input berupa suara. Penggunaan mic tentu saja memerlukan
perangkat keras tambahan untuk menerima input suara tersebut yaitu sound card,
dan speaker untuk mendengarkan hasil rekaman suara.
-Pemrosesan pusat dan penyimpanan sekunder
Kata "memory"
digunakan untuk mendiskripsikan suatu sirkuit elektronik yang mampu untuk
menampung data dan juga instruksi program. Memory dapat dibayangkan sebagai
suatu ruang kerja bagi komputer dan memory juga menentukan terhadap ukuran dan jumlah
program yang bisa dijalankan dalam waktu yang sama, sekaligus juga jumlah data
yang bisa diproses.
Fungsi memory adalah
untuk menyimpan data dan program.
Berdasarkan kecepatannya
memory ada 4 macam yaitu :
Register
Cache memory
Main memory
Sekunder memory
SEKUNDER MEMORY
Selain menyatakan
hubungan kecepatan , hirarki tersebut juga menyatakan hubungan-hubungan lain ,
yaitu:
- Hubunan harga : semakin
kebawah semakin murah (harga dihitung berdasarkan rupiah per bit data tersimpan
).
- Hubungan kapasitas :
semakin keatas umumnya kapasitasnya semakin terbatas.
- Hubungan frekuensi
pengaksesan : semakin keatas semakin tinggi frekuensi pengaksesan.
Sertiap kali pemroses
melakukan eksekusi , pemroses harus membaca instruksi dari memory utama. Agar
intruksi dapat dilakukan secara cepat maka harus diusahakan instruksi tersedia
di memory pada hirarki berkecepatan akses lebih tinggi.Kecepatan ekseekusi ini
akan meningkatkan kinerja system. Untuk itu terdapat konsep memory dua level
yaitu ditampung dulu sementara di memory pada hirarki lebih tinggi.
1. REGISTER MEMORY
Merupakan jenis memory
dimana kecepatan acces yang paling cepat, memory ini terdapat pada
Cpu/processor.
Contoh :
Register data, register
alamat , stack pointer register, Memory Address Register, I/O Address Register,
dll.
2. CACHE MEMORY
Memory berkapasitas
terbatas,berkecepatan tinggi yang lebih mahal dari pada memory utama.Cache
memory ini ada diantara memory utama dan register pemroses, berfungsi agar
pemroses tidak langsung mengacu pada memory utama agar kinerja dapat ditingkatkan.
Cache memory ini ada 2
macam yaitu :
1. Cache memory yang
terdapat pada internal Processor, cache memory jenis ini kecepatan accesnya
sangat tinggi ,dan harganya sangat mahal.Hal ini bias terlihat pada processor
yang berharga mahal seperti P4,P3,AMD-ATHLON dllsemakin tinggi kapasitas L1,L2
Cache memory maka semakin mahal dan semakin cepat processor.
2. Chace memory yang
terdapat diluar processor , yaitu berada pada Mother board , memory jenis ini
kecepatan aksesnya sangat tinggi meskipun tidak secepat cache memory jenis
pertama (yang ada pada internal prosesor). Semakin besar kapasitasnya maka
semakin mahal dan cepat.hal ini dapat kita lihat pada motherboard dengan
beraneka ragam kapasitas chace memory yaitu 256 kb,512 kb,1 Mb, 2 Mb dll.
3. MEMORI UTAMA
Memori ini berfungsi
untuk menyimpan data dan program.
Jenis memori utama yaitu:
-Random Access Memory
(RAM)
Ketika orang berpikir
mengenai memory komputer, maka seringkali random access memory (RAM) lah yang
mereka maksudkan. RAM terdiri dari sekumpulan chip. Chip-chip ini mampu untuk
menampung:
data untuk diproses;
instruksi atau program,
untuk memproses data;
data yang telah diproses
dan menunggu untuk dikirim ke output device, secondary storage atau juga
communication device;
instruksi sistem operasi
yang mengontrol fungsi-fungsi dasar dari sistem komputer
Semua data dan instruksi
tadi ditampung di dalam RAM secara temporer. Isi dari RAM bisa berubah-ubah
sesuai dengan data yang diproses di dalamnya, atau juga program yang
menggunakannya. RAM merupakan sumber daya komputer yang sifatnya reusable atau
bisa digunakan kembali.
Kebanyakan dari RAM
disebut sebagai barang yang volatile. Artinya adalah jika daya listrik dicabut
dari komputer dan komputer tersebu mati, maka semua konten yang ada di dalam RAM
akan segera hilang secara permanen. Karena RAM bersifat temporer dan volatile,
maka orang menciptakan suatu media penyimpanan lain yang sifatnya permanen. Ini
biasanya disebut sebagai secondary storage. Secondary storage bersifat tahan
lama dan juga tidak volatile, ini berarti semua data atau program yang
tersimpan di dalamnya bisa tetap ada walaupun daya atau listrik dimatikan.
Beberapa contoh dari secondary storage ini misalnya adalah magnetic tape,
hardisk, magnetic disk dan juga optical disk.
Ada beberapa jenis RAM
yang ada dipasaran saat ini yaitu SRAM , EDORAM , SDRAM , DDRAM, RDRAM , VGRAM
dll.
Kapasitas penyimpanan
dari RAM sangat beragam dalam berbagai komputer. Kapasitas merupakan faktor
yang penting, karena dia menentukan seberapa banyak data yang bisa diproses
dalam waktu yang sama dan seberapa besar dan kompleks progam yang bisa
menempatinya. Sistem operasi di dalam komputer bertugas untuk mengatur
penggunaan RAM sehingga program bisa berjalan dengan baik. Untuk mengerti
kapasitas dari RAM, maka beberapa terminologi berikut ini sering digunakan.
Bit, yaitu suatu sistem
penomoran biner yang mewakili unit terkecil dari data dalam suatu sistem
komputer. Suatu bit hanya terdiri dari dua buah angka yaitu 1 dan 0. Di dalam
komputer, sebuah 0 berarti suatu sinyal elektronik atau magnetis adalah tiada
atau absen, sementara 1 berarti sebaliknya.
Byte, yaitu suatu grup
dari delapan bit. Sebuah byte mewakili satu karakter, satu digit atau satu
nilai. Kapasitas dari memory komputer, atau RAM, dinyatakan di dalam bytes atau
sekumpulan dari bytes.
Data, instruksi dan
program yang disimpan di dalam RAM sebenarnya disimpan dalam bentuk kumpulan
bits yang merepresentasikan data, instruksi dan program tadi. Bit-bit ini
disimpan ke dalam suatu bagian elektronik yang mikroskopis yang disebut dengan
kapasitor.
-Read Only Memory
Read Only Memory (ROM)
adalah suatu himpunan dari chip yang berisi bagian dari sistem operasi yang
mana dibutuhkan pada saat komputer dinyalakan. ROM juga dikenal sebagai suatu
firmware. ROM tidak bisa ditulisi atau diubah isinya oleh pengguna. ROM
tergolong dalam media penyimpanan yang sifatnya non volatile. Chip ROM datang
dari pabriknya dengan program atau instruksi yang sudah disimpan di dalamnya.
Satu-satunya cara untuk mengganti kontennya adalah dengan mencopotnya dari
komputer dan menggantinya dengan ROM yang lain. Chip ROM dapat berisi program
yang sering digunakan, seperti rutin-rutin komputasi untuk menghitung akar
suatu bilangan dan lain sebagainya.
Penggunaan dari ROM ini
contohnya adalah sebagai media penyimpanan dari BIOS (Basic Input-Output
System) yang diuat oleh pabriknya. BIOS merupakan bagian yang sangat kritis
dari suatu sistem operasi, yang mana fungsinya memberi tahu komputer bagaimana
caranya mengakses disk drive. Ketika komputer dinyalakan, RAM masih kosong dan
instruksi yang ada pada ROM BIOS lah yang digunakan oleh CPU untuk mencari disk
drive yang berisi file-file utama dalam sistem operasi. Komputer lalu
memindahkan file-file tersebut ke dalam RAM dan kemudian menjalankannya.
Ada 4macam variasi dari
ROM, yaitu:
- PROM, atau programmable
read only memory. Yaitu rom yang bisa kita program kembali dengan catatan hanya
boleh satu kali perubahan setelah itu tidak dapat lagi deprogram.Chip PROM
adalah suatu chip yang kosong yang mana program dapat dituliskan ke dalamnya
dengan menggunakan suatu peralatan khusus. Chip PROM dapat diprogram sekali dan
biasanya digunakan oleh pabrik sebagai control device di dalam
produk-produknya.
- RPROM,atau Re
progamable ROM.Merupakan perkembangan dari versi PROM dimana kita dapat
melakukan perubahan berulang kali sesuai dengan yang diinginkan.
- EPROM, atau erasable
programmable read only memory. EPROM mirip dengan PROM, tetapi program dapat
dihapus dan program yang baru bisa dituliskan ke dalamnya dengan menggunakan
suatu peralatan khusus yang menggunakan sinar ultraviolet. EPROM digunakan
untuk controlling device, seperti robot dan sebagainya.
- EEPROM, atau electronic
erasable programmable read only memory. Chip EEPROM dapat diprogram ulang
dengan menggunakan suatu electric impulses yang khusus. Mereka tidak perlu
dicabut atau diubah.
5. MEMORI SEKUNDER
Memori sekunder merupakan
memori tambahan yang berfungsi untuk menyimpan data atau program .contohnya :
hardisk,floppy disk,disket, flashdish,dll.
-Peralatan output
Output Device atau dalam
bahasa indonesia perangkat keluaran adalah sebuah perangkat keras yang berperan
sebagai media penerjemah informasi yang dihasilkan oleh proses komputer. Dengan
Output device maka komputer dapat menyampaikan hasil dari sebuah proses data
kepada manusia sebagai pengguananya. Informasi yang disampaikan bisa dalam
bentuk visual yang terlihat oleh mata melalui layar, terdengar oleh telinga
atau tergambar/tertulis di kertas.
Secara umum ada 5 yang
termasuk dalam kategori output device yaitu :
Monitor
Speaker and Headphone
Printer
Projector
Plotter
#Monitor
Monitor adalah perangkat
output yang paling umum. Monitor menampilkan informasi dalam bentuk tulisan,
gambar dan video. Monitor bisa dibedakan berdasar ukuran, resolusi, teknologi,
refresh rate dan juga warna.
#Speaker and Headphone
Speaker dan head phones
adalah perangkat output yang menghasilkan bunyi baik itu dalam bentuk musik
maupun suara. Speaker dan head phone terhubung melalui sebuah kabel yang
ditancapkan pada sound card (perangkat pengolah suara
#Printer
Printer adalah perangkat
output yang digunakan untuk mencetak. Hasil cetak bisa berupa karakter,
tulisan, simbol maupun gambar yang terlihat diatas kertas, hasil output ini
juga sering disebut dengan hard copy. Printer bisa dihubungkan ke komputer
melalui kabel serial RS232 untuk printer jenis lama, dan USB untuk jenis-jenis
printer terbaru. Dengan kemajuan teknologi sekarang, printer juga bisa
digunakan melalui wireless (tanpa kabel).
#Projector
Projector adalah
perangkat output yang secara fungsi mirip dengan monitor tapi menghasilkan
tampilan yang lebih besar. Cara kerja projector adalah memantulkan cahaya
berupa objek tulisan maupun gambar yang dihasilkan dari proses komputer.
#Plotter
Plotter adalah perangkat
output yang digunakan untuk mencetak gambar jenis vektor yang terdiri dari
titik-titik koordinat yang membentuk sebuah gambar. Secara fungsi sama dengan
printer tapi cara kerja proses cetaknya berbeda.
SOFTWARE
Perangkat Lunak
(Software)
Perangkat lunak atau
biasa disebut software merupakan jembatan yang menghubungkan user dengan
perangkat keras komputer. Perangkat lunak ini dibagi menjadi :
A. Perangkat lunak sistem
(Sistem Operasi)
Software ini bertugas
mengatur tugas-tugas dasar yang diperintah pengguna kepada komputer. Contoh :
redhat, Ubuntu, Mac OS X, Windows
Ada enam fungsi dasar
sistem operasi :
• Menjadwalkan Tugas
• Mengelola sumber daya
perangkat keras dan perangkat lunak
• Menjaga keamanan sistem
• Memungkinkan pembagian
sumber daya untuk beberapa pemakai
• Menangani Interrupt
• Menyiapkan catatan
pemakaian
B. Program Utiliti
Adalah suatu routine yang
memungkinkan pemakai untuk melaksanakan operasi pemrosesan data dasar tertentu
yang tidak unik pada satu aplikasi pemakai tertentu
C. Perangkat Lunak Aplikasi
Perangkat lunak aplikasi
adalah
program yang sudah
menjadi kebutuhan pengguna selain sistem operasi dalam memaksimalkan kemampuan
komputer atau membantu pekerjaan yang hendak dilakukan user. Aplikasi ini bisa
berupa paket aplikasi seperti : Microsoft Office, Open Office, Adobe, dan
Corel.
PERANAN PERALATAN INPUT DAN OUTPUT SERTA SOFTWARE DALAM PEMECAJAN
MASALAH
Peralatan input dan
output penting bagi manager terutama dalam
memberikan komunikasi
antara manager dengan komputer.
Peralatan input, seperti unit MICR dan OCR memberikan cara
untuk memasukkan data
kedalam database, baik ketika terjadi
transaksi atau tak lama
kemudian.
Banyak unit output yang digunakan dalam pemecahan masalah
secara tidak langsung.
Manager akan meminta anggota staf untuk mengumpulkan
informasi dari rekaman
microfilm dan kemudian menampilkan
ringkasannya dalam bentuk
laporan tertulis
Kesimpulan :
Hardware dan Software
dalam perangkat sangat penting bahkan tidak dapat di pisahkan , jika ada
software dan tidak ada hardaware apa yang akan kita lakukan sebagai user dan
apa yang bisa kita kerjakan ?
Jadi sangat erat ke2 hubungan itu, akan tetapi user lah yang mempunyai kendali penuh dalam unitnya
Jadi sangat erat ke2 hubungan itu, akan tetapi user lah yang mempunyai kendali penuh dalam unitnya
Komputer / perangkat
sering di gunakan sebagai alat bantu untuk pemecahan masalah . Karena daya
rekam daya hitung yang tepat , melebihi manusia perangkat ini sangat membantu
dalam memecahkan suatu masalah
0 comments: